Tips jahit tangan

Menjahit tangan pun ada triknya. Karena menekuni dunia menjahit tas handmade itu banyak banget jahit tangannya dan tidak semua dilakukan dengan mesin jahit. Bagaimana cara menjahit dengan tangan bisa enjoy?? berikut tipsnya.

Meskipun media yang akan dijahit dengan tangan sangat panjang, sebaiknya gunakan benang secukupnya dan tidak lebih panjang dari ukuran lengan kita. Lebih baik sering memasang benang dijarum daripada langsung memasang benang sepanjang panjangnya.

Kenapa???
Selain rawan mbundeli dan putus, hal tersebut akan cepat sekali membuat lelah lengan dan pundak kita dengan percuma. Selain sebab diatas, in a worst case...semisal ada yang dedel dengan media yang kita jahit,memudahkan media yang dijahit terlepas semua dengan satu tarikan benang.

Ohiya kalau lagi jahit tangan sebaiknya sambil bersandar agar punggung kita terjaga dan tidak cepat lelah, juga menjadi bungkuk.

Selamat mencoba!!

Tips setrika agar tidak berjejak

Tips setrika juga penting dicatat sejalan hobi menjahit kita, kitapun mulai mengenal berbagai macam bahan beserta karakternya. Sebagai catatan kecil, pada alat setrika kita kan selalu ada pilihan untuk bahan cotton, woll dll. Biasanya disesuaikan panasnya.

Kita gak mau kan salah pilih suhu setrika yang mengakibatkan bahan terbakar?? iyah kalau yang sedang kita kerjakan itu project pribadi sih nyeseknya sebentar. Lha kalau yang kita kerjakan itu project pesanan pelanggan dan bahannya limited, apa gak nangis gulung-gulung. heheheheh

Berikut sedikit tips dari saya cara mensetrika bahan secara aman dan tidak meninggalkan jejak kilap. Ilmu ini saya dapat dari guru saya semasa kursus di Arva dulu.

image by me

Sediakan selalu bahan organza untuk alas atas setrika. Ini fungsinya agar tidak membekas sambungan jahitannya terutama kalau  lagi nyetrika kup bustier, jas bahan kilau,bahan-bahan celana,bahan wool yg kadang kalau terkena setrika langsung mengkilap dan tidak indah dilihat mata.

Knapa organza??
karena organza tahan panas dan karena tipis jadi waktu setrika masih kelihatan baju yang sedang kita disetrika, jadi gak perlu intip-intip kayak saya hehehe.

Selamat mencoba!

Alasan membuat pola pada jahitan

Pola!!
Saya selalu membuat pola dikertas terlebih dahulu untuk semua project yang pernah saya buat sesepele apapun itu menurut orang modelnya.

Disini... ide,hitung2an,lekukan,ukuran.....pola,bentuk dan design ditumpahkan. Semua hitungan dan bentuk project yg akan dikerjakan menurut saya harus selesai ditahap pola kertas ini.

image by me

Karena...
Saat sudah dieksekusi dikain.....insyaAlloh tinggal ngikutin pola saja dan tanpa mikirin lagi ini nanti mau dijahit dimana atau mau diletakkan disudut mana. Karena semua pemikiran dan perhitungan serta penghitungan sudah dilakukan ditahap sebelumnya (membuat pola). Kalau tidak ada halangan dan tidak ngantuk insyaAlloh jarang terjadi dedel mendedel.

Thats why bikin pola itu menurut saya sangat ada harganya daripada nginjek mesin jahitnya.

So hargailah pembuat pola!!

 
'/>