Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Kamis, 10 Maret 2016

DIY : Upcycle cover seat

Upcycle disini yang saya maksud adalah mendandani kembali barang lama menjadi baru. Kali ini saya nekat nih dandanin sendiri cover kursi jahit saya. Sebetulnya hanya ingin mengganti covernya saja dengan kain. Lalu saat mengamati kursinya kok kayaknya ada yang bisa saya oprek-oprek lainnya. Akhirnya dedelin deh spon lamanya dan ganti dengan spons baru hasil ubek-ubek stok di gudang.

Kursi yang saya permak ini sudah ini saya kurang suka dengan kainnya karena udah dekil, pas bongkar ehhh...sponsnya pun udah cemet-cemet mletet gitu deh. Sepertinya karena kelamaan nanggung beban badan saya yang extra large hahahhaha. Akhirnya nyiapin alat-alat yang saya punya dan berikut nyempetin juga moto-moto per stepnya untuk dibagi di blog ini. Cekidot yak!

image by me

Keterangan gambar:
1.  Balik bagian bawah kursi, cek tempat-tempat sekrup yang menancap dan hafalkan yak letaknya.
2. Buka semua sekrup yang ada.
3. Dudukan kursi yang sudah terlepas dari rangkanya.
4. Balik bagian bawah, ini sebenernya ada lapisan kain tipisnya yang sudah saya ambil, lupa tidak terfoto. Lalu ambil semua staples yang menancap di bagian bawah kayu dengan menggunakan tang hingga bersih. Kemudia buang deh cover dan spons lama yang sudah kempes dan dekil.
5. Siapkan alat dan bahan untuk permak kursi, seperti: spons (saya punyanya cuma ketebalam 4cm), Stapler gun, Lem fox, kain kanvas tebal, kapi untuk mengoles lem, pisau cutter, Palu dan penindih seadanya.
6. Gunting spons seukuran papan kayu kursi lalu silet dengan pisau cutter, lalu beri lem pada spons dan juga kayunya.
7. Tekan dan tindih dengan sesuatu yang berat biar lem cekat merekat.
8. Untuk bagian ini saya tumpuk 2 spons seukuran 4cm biar agak tebal dudukannya.
9. Beberkan kain yang akan digunakan sebagai cover seat, letakkan dudukan yang sudah diberi spons tadi untuk membentuk pola. Lalu gunting sesuai pola dudukan.
10. Sambil diinget-inget letak lubang memasukkan sekrup tadi yak, jangan sampai tertutup kainnya.
11. Staples sudut-sudut terlebih dulu karena pada kursi ini sudutnya agak oval. Sata menstaples kain sambil agak ditarik agar kencang, rapi dan tidak kendor.
12. Setiap habis menstaples di kayu, setelahnya bisa dirapikan dengan memukul besi staplesnya agar masuk rapi dan gak kena tangan.
13. Ini setelah semua sisi dudukan sudah distaples sambil di tarik-tarik sedikit.
14. Setelah itu tutup dengan kain tipis agar besi-besi staplesnya tidak kelihatan dari luar dan lebih rapi. Tapi step ini saya cancel untuk kursi saya karena saya takut gak pas saat mensekrup dudukan ke kursinya. Cuma sebaiknya dikasih kain sih biar cantik ;).

Dan....selesai tutorial upcycle cover seatnya. Jangan dibuang yak kalau kursi udah dekil dudukannya, cukup diganti saja covernya, bisa juga ditumpuk kain berkaret saja kalau tidak mau ribet bongkar-bongkar. Selamat mencoba ya teman-teman ;).

0 Chit - Chat:

Posting Komentar

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>