Entri yang Diunggulkan

BTS : BUTTER 2021

Sabtu, 02 Maret 2013

Kinco sudah langka lho

Kinco, adalah buah yang bertekstur seperti jambu biji (jambu kluthuk) dengan rasa seperti buah asam namun tidak terlalu kecut. Bentuknya bulat dan kulitnya keras seperti batok kelapa. Buah ini sudah jarang dijumpai bahkan dipasar tradisional lho. Dulu saat masih kecil, saya sering beli rujak gobet yang penjualnya selalu menambahkan buah ini sesendok untuk di campur rujak, rasanya pas sekali dipadukan dengan pisang batu.

image by me
Sejak berpindah kota karena melanjutkan sekolah dan menikah, saya sama sekali sudah tidak pernah berjumpa dengan buah ini, apalagi untuk merasakan buahnya. Entah sudah sekitar berapa tahun ya...emmmm kira-kira sejak saya SD di tahun 1990-an, dan ditahun 2013 saya baru ketemu lagi dengan buah ini di pasar tradisional seminggu yang lalu.

Penjualnya adalah kakek yang membawa pikulan sambil keliling menjajakan buah kinco, dan saya berjumpa di pasar tradisional dekat rumah saya. Kakek tersebut bilang, buah ini sudah langka mbak, silakan silakan dibeli. Lalu ada bapak disamping saya yang tentunya usianya lebih tua dari saya tapi tidak tahu buah ini dan dia bertanya "mbaknya makan buah kayak gini?memangnya bagaimana cara makannya?" Saya jawab : "dicocol gula bisa dicampur rujak gobet juga bisa pak, wheeenaaakkk". Beliau menjual perbutirnya Rp. 2000,- murah kan ya buah sebuah buah langka, langsung saja saya beli 2 buah. Saja jadi ingat kebiasaan kecil saya, kalau memilih kinco harus dibaui. Kalau baunya agak asem mendekati busuk itu berarti mateng dan siap makan. Karena kulitnya tebal dan keras, saya bener-bener harus menempelkan hidung saya.

Seperti halnya buah juwet dan jambu monyet yang pernah saya ceritakan dahulu. Buah kinco ini juga mampu membeli masa lalu, saat masih saya masih kanak-kanak. Setelah beli dan memakannya bersama rujak, saya langsung terbayang suasana desa jaman dulu yang belum ada listrik dengan kehidupan yang sangat sederhana namun membahagiakan. Dan juga dengan teman-teman masa kecil yang suka ngajakin beli rujak kinco....woowwwhhhh I miss that moment, I miss my childhood.....Terima kasih buah kinco, kau mengingatkanku akan masa kecilku yang sangat bahagia ^_^.

7 komentar:

  1. Saya juga baru tau kalau kinco itu juga nama buah. Kalau di tempat saya, kinco itu cairan manis yang bahan dasarnya santan dan gula merah, biasanya dituangkan pada ketan atau bubur.

    BalasHapus
  2. wah..saya malah baru tahu ada yg namanya Kinco...

    BalasHapus
  3. @marsudiyanto Itu juga namanya saus kinco....aku juga pernah tau pak biasanya dicocol ketan. Nah yang ini buah dan tidak ada hubungannya dengan saus kinco huahahahha

    @aprie Gak banyak orang kok yang tahu, secara ini buah yang tidak sering ditanem orang getoo lohhh :D

    BalasHapus
  4. buah kinco, rujak gobet, dll
    Asli mana mbak Ana??
    untuk dapetin buahnya kira-kira di daerah mana??saya mau coba..

    BalasHapus
  5. kinco adalah buah yang jadi rebutan saat jatuh tetapi sejak th 1990 pohonya mati baru saya temui lagi di TMII di mana ada budidaya buah ini ya?

    BalasHapus

~ Semua komentar yang masuk akan di moderasi dahulu sebelum di tampilkan!
~ Komentar yang tidak sesuai topik, penghinaan, dan mengandung SARA akan dihapus, Thanks!

 
'/>